Kamis, 31 Desember 2015

Sempat Ditutup Penambangan Ini Beroperasi Kembali

Beberapa alat berat sedang beroperasi di perbukitan Desa Mangunharjo, Kecamatan Tembalang
TEMBALANG ( 31 /12 ), Setelah beberapa bulan tidak beroperasi, penambangan  didaerah Mangunharjo, Kecamatan Tembalang saat ini beroperasi kembali. Padahal penambangan ini sempat di tutup oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo terkait masalah perizinan.


Saat ini beberapa alat berat beroperasi kembali menggali perbukitan tersebut. Puluhan truck setiap hari beroperasi untuk mengambil material dari daerah tersebut. 

Kalaupun penambangan ini sudah ada perizinan yang sah, artinya sudah ada izin dari pemerintah dalam hal adalah pemerintah Kota Semarang dan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah apakah sudah ada pertimbangan yang matang terkait perizinannya. Pertambangan ini dilihat dengan kasat mata saja terlihat merusak lingkungan. Perbukitan yang hijau terlihat gersang karena digali tanahnya terus menerus.

Pemerintah tentu harus bertanggung jawab terhadap beroperasinya kembali penambangan tersebut. Kalau memang legal harus dipertimbangkan kembali. Kalau ilegal harus ada tindakan yang tegas terhadap oknum - oknum yang melakukan penambangan liar tersebut. Jangan sampai penambangan hanya akan menguntungkan beberapa pihak saja.

Selain itu Analisi Mengenai Dampak Lingkungan ( AMDAL ) perlu diperhatikan. Perizinan pertambangan yang sudah diatur harus disertai AMDAL. Penambangan di daerah Mangunharjo sudah sangat jelas sekali merusak lingkungan. Pemerintah harus bertindak tegas terkait masalah penambangan tersebut. 

Tidak ada komentar :

Posting Komentar